Packing Peralatan Gunung

Buat yang sudah sering mendaki, pasti pernah mengalami peralatan dan perlengkapan mendakinya tertinggal di rumah padahal sudah merasa mempersiapkan semua dengan baik. Atau peralatan dan perlengkapan mendakinya tidak semua bisa masuk di tas carrier padahal barangnya itu-itu saja. Kalau yang tertinggal peralatan atau perlengkapan yang kurang penting sih nggak apa-apa, tapi kalau yang tertinggal peralatan atau perlengkapan  yang penting, bisa membahayakan.

Packing atau mengemas peralatan dan pelengkapan mendaki dalam tas carrier tampak seperti hal yang mudah, hanya memasukkan semua ke dalam tas, selesai.  Ternyata tidak sesederhana itu, ada tipsnya.

Buat Catatan Daftar Bawaan 
Tiap pendaki seharusnya punya daftar peralatan dan perlengkapan yang harus dibawa ketika mendaki gunung. Kita bisa mencatatnya di ponsel atau buku kecil. Dengan menggunakan catatan itu sebelum mengemas barang di tas, kita bisa mengumpulkan peralatan dan perlengkapan dalam satu tempat, sehingga tidak ada barang yang tertinggal saat packing dan bisa memilih peralatan dan perlengkapan apa saja yang perlu dibawa dan ditinggal di rumah, sesuai kebutuhan.
Daftar peralatan dan perlengkapan mendaki bisa dibaca di Peralatan Wajib Pendaki Gunung

Susunan yang Selalu Sama
Ketika akan packing atau mengepak barang bawaan, kita harus sudah tau akan ditaruh dimana suatu peralatan atau perlengkapan itu. Dengan mengetahui posisi barang bawaan, akan menghemat waktu (baik ketika packing mau berangkat maupun packing ketika mau pulang), mengambil barang ketika di tengah perjalanan, juga mencegah kehilangan barang.

Susun Berdasar Frekuensi Penggunaan
Peralatan dan perlengkapan yang sering digunakan selama perjalanan diletakkan di bagian yang mudah dijangkau sedang peralatan dan perlengkapan yang hanya digunakan ketika berkemah diletakkan di bagian bawah. 
Contoh peralatan dan perlengkapan yang sering digunakan adalah snack, air minum, peta, pisau, sun block, kamera dan lainnya yang kita sering menggunakannya selama perjalanan. Kita bisa meletakkan peralatan dan perlengkapan ini di saku tas bagian terluar atau kantong bagian atas tas carrier kita. 
Sedang peralatan dan perlengkapan yang hanya digunakan ketika berkemah adalah sleeping bag, baju ganti, tenda, perlengkapan masak, logistik berat dan persediaan air bisa kita masukkan ke dalam kantung utama tas carrier.

Susun Berdasarkan Berat
Untuk peralatan dan perlengkapan yang hanya digunakan ketika berkemah, susunannya dari bawah adalah yang ringan lalu yang lebih berat diatasnya dengan beban terberat diletakkan dekat dengan punggung. 
Misalkan sleeping bag dibagian paling bawah, diatasnya pakaian ganti, tenda, logistik berat,  peralatan masak dan air dengan susunan bagian terberat dekat dengan punggung atau tulang belakang.
Untuk peralatan dan perlengkapan ringan seperti rain coat, senter, p3K dan lainnya kita bisa letakkan di kantung bagian luar dan atas tas carrier.


Bungkus Plastik 
Ketika tas kita terkena air atau kehujanan maka barang di dalamnya akan ikut basah, kecuali tas kita waterproof, pun untuk mencari tas yang seratus persen waterproof bukan hal yang mudah, pasti ada kebocoran di beberapa tempat. Tas yang beredar di pasaran biasanya tas biasa yang tembus air. Ketika kita kehujanan dan perlengkapan kita basah, maka hal itu bisa membahayakan, sleeping bag dan baju misalnya. Menggunakan baju dan sleeping bag basah bisa menyebabkan hipotermia. Selain itu ketika basah beban berat tas carrier kita akan bertambah.
Untuk mencegah peralatan dan perlengkapan jadi basah, kita bisa membungkus peralatan dan perlengkapan kita dengan kantong plastik sebelum packing, bisa satu persatu maupun sekaligus menggunakan kantong plastik besar atau trash bag yang dimasukkan ke kantung utama tas carrier. Terakhir lengkapi tas carrier kita dengan cover bag atau rain cover.

Tas Kecil
Untuk perjalanan panjang dan tipe pendaki yang tidak membutuhkan banyak berhenti bisa menambah tas kecil untuk menaruh barang-barang yang sering digunakan selama perjalanan, seperti snack, ponsel, sun block dan lainnya. Jadi kita tidak selalu membuka dan menutup tas carrier.

Bawa Sesuai Kebutuhan
Pandai-pandailah memilih barang bawaan, bawa yang penting-penting saja. Jangan sampai perjalanan kita terasa berat hanya karena kita membawa barang yang tidak begitu dibutuhkan.
Misal kita kita membawa tenda kapasitas enam orang padahal jumlah tim kita hanya empat orang atau misal keempat-empatnya tim kita membawa peralatan masak semua, betapa menjadi tidak efektif perjalanan kita. Komunikasikan dengan tim kita untuk memilih jenis peralatan dan perlengkapan yang akan dibawa, sekaligus membagi tugas membawa barang bawaan.

Selamat packing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar