P3K Pendaki Gunung

Banyak pendaki yang kurang sadar akan pentingnya membawa perlengkapan P3K. Seringnya ketika ditanya bawa perlengkapan P3K apa saja jawabannya hanya balsem dan plester, sedang di gunung banyak hal menyangkut keselamatan dan kesehatan bisa terjadi.

Apa saja perlengkapan dan obat-obatan minimal yang perlu ada di kotak P3K, berikut daftarnya :

Cairan Pembersih
Bisa berupa alkohol, alkohol swap, rifanol atau cairan antiseptik lain. Digunakan untuk membersihkan daerah sekitar luka atau bisa juga mensterilkan tangankita dan peralatan pendukung P3K yang terbuat dari logam. Pembersihan dengan cairan ini dimaksudkan untuk mencegah infeksi.

Betadine
Betadine adalah cairan disinfektan yang sering digunakan dalam keperluan medis untuk mencegah infeksi dan mempercepat mengeringkan luka. 

Kasa Steril
Digunakan untuk menutup atau mengkompres kalau ada bagian tubuh yang luka, tergores atau hanya memar. 

Plester
Digunakan untuk menutup luka-luka kecil atau tergores. Plester yang dibawa plester obat (banyak dijual di warung) juga plester perekat kasa untuk merekatkan perban atau balutan. 

Perban 
Digunakan untuk mengikat dan menekan luka yang sebelumnya sudah dibersihkan diberi cairan disinfektan dan ditutup dengan kasa steril. 

Kain Elastis
Digunakan untuk membalut cidera persendian seperti engkel atau keseleo. 

Gunting
Memudahkan dalam proses penanganan darurat yang membutuhkan perban dan kain.

Obat Pereda Sakit / Nyeri 
Obat-obatan pereda biasa dijual bebas di apotik. Yang paling mudah dicari dan sering  digunakan adalah Ibuprofen atau Paracetamol. Paracetamol juga bisa digunakan untuk meredakan demam.

Obat Mual
Mual sering dialami oleh pendaki, apalagi perempuan atau pendaki yang sebelumnya melakukan perjalanan jauh. Mual saat pendakian akan sangat menggangu karena ketika mual nafsu makan akan berkurang bahkan hilang, bisa membahayakan pendaki. 

Antibiotik
Agak susah nyarinya, soalnya pembelian antibiotik di apotik harus dengan resep dokter. Tapi bisalah dicarikan jalan untuk bisa mendapatkannya.

Obat Gosok / Balsem
Meringankan pegal-pegal atau sakit otot, sering juga digunakan untuk menghangatkan tubuh. 

Cream Luka Bakar
Bioplacenton adalah cream untuk luka bakar yang paling mudah didapat.
 
Obat Sakit Perut
Banyak dijual di warung-warung.
 
Obat Flu dan Turun Demam
Banyak dijual di warung-warung.
 
Sederhana kan? tapi jarang disadari arti pentingnya. Membawa perlengkapan P3K bisa sangat membantu jika kita mengalami hal-hal yang tidak diinginkan ketika beraktivitas di alam bebas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar